Laman

Thursday 11 July 2013

Perbedaan Restart, Standby, Hibernate, Shutdown pada komputer


Pada tulisan kali ini saya mau berbagi mengenai perbedaan antara restart, standby, Hibernate dan Shutdown.
1. Shutdown
Kita pasti sudah tau fungsi daripada Shutdown, yaitu mematikan komputer secara keseluruhan. Semua komponen di dalam komputer (RAM, Hardisk, processor, dll) akan dinonaktifkan, yaitu dengam memutuskan aliran listriknya

2. Hibernate
Pada hibernate, komponen komputer akan dimatikan secara keseluruhan, sama seperti shutdown. Bedanya adalah bahwa sebelum dimatikan (sebelum mengosongkan RAM), isi dari memori atau RAM tersebut disalin ke hardisk terlebih dahulu. sehingga pada saat dihidupkan, tidak membutuhkasn waktu yang terlalu lama karena isi RAM sudah ada di hardisk
Hibernate juga menyimpan konfigurasi komputer sebelum dimatikan. Saat komputer dihidupkan kembali aplikasi yang masih terbuka sebelum hibernate akan kembali seperti sea kala (semula) jadi tidak takut akan kehilangan data. ini berbeda dengan Shutdown yang akan menhapus data Anda jika belum sempat disimpan. Namun tidak semua sistem operasi menyediakn fitur hibernate ini dan tidak semua komputer juga dapat di hibernate oleh sistem operasi.

3. Standby
Pada kondisi stand by (kalo di Linux disebut Suspend) *klo nggak salah ia :D , komputer tidak dimatikan secara keseluruhan. Semua komponen diputus aliran listriknya kecuali RAM (mungkin Processor). Modus Stand by masih menggunakan listrik untuk memberi daya pada RAM, berbeda dengan Shutdown dan Hibernate yang memutuskan aliran listrik secara keseluruhan. Untuk menghidupkan komputer kembali dari modus stand by jauh lebih dibandingkan hibernate karena isi RAM masih dipertahankan.

4. Restart
Ini tentu kita semua mengetahuinya, pengertiannya dakah mematikan koputer secara shutdown dan menghidupkannya secara otomatis.

No comments:

Post a Comment