Laman

Monday 1 July 2013

PACARAN ATAU TEMENAN DULU YA?

Udah sebulan belakangan ini, perasaan Jerry nggak karuan, yang nempel di pikirannya cuman Siska, Siska, dan Siska. Bahkan kalo didengerin degup jantungnya pasti bunyinya: Sis-ka-sis-ka-sis-ka.. Kebiasaan Jerry pun sekarang berubah, yang biasa ke sekolah jarang mandi (upppss!) en jarang ganti kaos kaki, sekarang mendadak berubah 270,6 derajat jadi rajin mandi plus pake minyak wangi pula, nggak ketinggalan rambut always wetlook.

Hari demi hari perasaan itu makin hebat, sampai Jerry nggak tahan lagi buat nembak Siska malam minggu ini. Setiap malam doi latihan depan cermin, dia baca buku ‘1001 Cara Nyatain Cinta Dengan Baik dan Benar’. Gosip soal Jerry naksir Siska udah nyampe ke kelas-kelas lain.

Hari H pun tiba. “Sis, aku mau ngomong sesuatu sama kamu. Enggak tahu kenapa, aku... aku... aku tuh belakangan ini mikirin kamu terus, mmmm... aku rasa aku udah jatuh cinta sama kamu, aku sayang sama kamu, kamu mau nggak jadi pacar aku???, kamu nggak usah jawab sekarang kalau belum siap.” Wajah Siska jadi merah maroon merona, “Mmm, aku nggak bisa jawab sekarang Jer, aku kudu mikir-mikir dulu, kasih aku kesempatan untuk berpikir ya Jer”, jawab Siska lembut, selembut pantat bebek.

Dua minggu lewat dua hari lebih tigapuluh menit empatpuluh tujuh detik Siska mikirin pernyataan Jerry. Terima... enggak... terima... enggak..., “Aduhhh! Gua sebenarnya naksir juga sih sama si Jerry, tuh cowok lumayan manis, mana main basketnya jago lagi, baik budi dan tidak sombong, jagoan lagipula pintar, o Boy!”, pikir Siska. “Hayooo! Lagi ngelamun ya!”, teriak Gina, kakaknya Siska, membuyarkan lamunannya. “Iiihhh ngagetin aja”, sungut Siska, “...iya nih Kak, dua minggu lalu Jerry nyatain ke aku, mmm... aku terima atau enggak yach?”

“Sis, bukan Kakak mau ngelarang kamu pacaran... tapi apa kamu nggak terlalu dini untuk membina hubungan dengan cowok?” ujar Gina nasehatin, “...Kakak punya 3 alasan kenapa kamu nggak usah pacaran dulu. Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapet dalam proses pertemanan dibanding proses berpacaran”.

Mau tau tiga alasan yang dibilangin ama Gina?

1. Kalo kita belum punya pacar, kita punya kesempatan buat berteman lebih luas.Dalam pertemanan, kita dapat lebih bebas ngejalin hubungan sama teman-teman kita yang lainnya, termasuk lawan jenis sekalipun. Coba bayangin aja, kalo kita udah punya pacar, pasti kita bakalan ngebatasin diri dengan teman lawan jenis, dan lebih menghabiskan waktu sama pacar kita dong!

2. Kalo kita masih sendiri, kita bisa ngembangin potensi diri lebih maksimal. Kalo kita nggak buru-buru berpacaran, tentu kita bakalan bisa lebih fokus ke dalam potensi yang ada dalam diri kita. Kita bisa mengembangkannya dengan maksimal. Tul nggak?

3. Kemungkinan buat kita berprestasi lebih meningkat. Kita bisa lebih berprestasi dalam studi, mengasah skill dalam hobi-hobi, dan sejenisnya tanpa harus dipusingkan dengan hadirnya pacar.
           
Siska merengut. “Tapi kak, diantara teman se-gankku, cuma aku yang belum pernah pacaran, idih... entar aku dianggap nggak gaul lagi! Lagian Kak, Kakak emang belum ketemu si Jerry aja, kalo kakak udah ketemu pasti kakak juga kesengsem, anaknya lumayan manis, badannya tinggi, jago main basket, humoris, tidak merokok, tajir pula hehe, pokoknya kriteria gue banget lah!”.

“Huh, dasar matre! Hehe. Duh adikku sayang, kamu ngerti nggak sih tujuan pacaran?” ujar Gina sambil nyubit pipi Siska. “Pacaran tuh gunanya supaya kamu bisa saling bersosialisasi artinya lebih kepada kebersamaan yang dilalui bersama-sama dengan pasangan kamu, misalnya melakukan hobi bersama, jalan-jalan bersama, ngobrol-ngobrol, makan, dan sebagainya. Di sini kita harus membangun kebersamaan itu dengan hal- hal yang positif, agar proses berpacaran itu dapat berjalan dengan baik. Inget pacaran itu bukan untuk coba-coba tapi untuk pemilihan pasangan hidup”

Betul itu. Masa berpacaran adalah masa yang tepat buat menyeleksi calon pasangan hidup kita. Apakah dia memang pribadi sesuai dengan yang kita harapkan, atau ternyata dia jauh dari yang kita harapkan, atau mungkin dia memiliki kepribadian yang buruk (misalnya suka bohong, minum-minuman, suka marah, egois, dan sebagainya). Di sinilah saat yang tepat bagi kita untuk menyeleksi lalu menjatuhkan pilihan terhadap pasangan kita, buat nantinya kita mantap sampai pada tahap pernikahan.

“Jadi Sis, bertemanlah terlebih dahulu secara luas, agar nggak kejebak dalam keinginan berpacaran yang begitu besar, lagian kalo dari sekarang pacaran kemungkinan terjebak dalam dorongan/gejolak seksual sangat besar. Tanpa pertemanan terlebih dahulu, kita dapat terjebak ke dalam nafsu birahi/gairah seksual saja. Keintiman, saling menghargai, dan kekokohan suatu hubungan, sangat ditentukan oleh proses yang benar. Kalo proses berpacarannya nggak bener, maka dapat dipastikan nggak bakalan tahan lama deh!” So, sabar aja, tunggu waktunya Tuhan. Segala sesuatu pasti indah pada waktunya. Mendingan kita bergaul dengan banyak teman sepuas-puasnya, mumpung masih muda! (fpk) 


gfreshmagazine.blogspot.com

No comments:

Post a Comment