Laman

Tuesday 25 November 2014

Sedikit informasi mengenai Linux - Edubuntu

Ketika melihat kata 'edubuntu'maka kawan-kawan pembaca mungkin akan berpikir ke arah distro Linux yang satu ini yaitu Ubuntu. Edubuntu masih bisa dibilang merupakan salah satu keluarga dari Ubuntu.

Edubuntu merupaka salah satu dari distro Linux yang diciptakan dan dirancang untuk dipergunakan di lingkungan sekolah. Edubuntu bisa dibilang juga Education Ubuntu. dari salah sumber juga "Edubuntu" > Education Ubuntu = Pendidikan untuk semua orang. Edubuntu merupakan varian dari Ubuntu. masih ada varian Ubuntu lain seperti Xubuntu, Lubuntu, Kubuntu dan masih ada yang lain.

Seperti kita ketahui bahwa Ubuntu merupakan Distro yang paling terkenal daripada distro linux yang lain. Distro Ubuntu selalu berkembang dengan sangat cepat karena dibantu oleh banyaknya programmer-programmer di seluruh dunia yang memberikan waktu dan ilmunya untuk mengoprek distro yang satu ini.

Kumpulan aplikasi yang tersedia dalam Edubuntu adalah :
1. TK - sesuai untuk anak-anak kurang dari 5 tahun
2. SD - sesuai dengan anak usis 5-12 tahun
3. Menengah - untuk usia 13 - 19 tahun
4. Tertiary - cocok dengan Universitas

Edubuntu lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-workstation. Edubuntu menggunakan aplikasi thin client LTSP, terminal komputer tanpa disk.

Desktop Edubuntu sendiri masih menggunakan GNOME dan GDM sebagai display managernya. Aplikasi yang ada di Edubuntu adalah merupakan dari aplikasi-aplikasi GNOME dan KDE, namun diutamakan aplikasi-aplikasi yang vertema pendidikan dari umur 6 tahun sampai 18 tahun.

info lain : wikipedia


No comments:

Post a Comment