Laman

Thursday 21 February 2013

Kesombongan Rohani, Kesombongan Tersembunyi

Sedikit berbagi buat sahabat2 saya... maaf kalau ada kata2 yang salah...Menulis seadanya dan sebisanya. Berharap dapat menginspirasi. Menulis sebagai pembelajaran... :)
Kesombongan Rohani, Kesombongan Tersembunyi
Sering kali dan tanpa disadari, ketika kita menjadi lebih baik daripada orang lain, ada muncul kesombongan yang tersembunyi. Beberapa kondisi membuat kita menjadi merasa lebih rohani dan pada saat yang sama akan timbul hati yang menghakimi...kalau saya tidak salah, itulah bentuk kesombongan rohani....

Ketika kita menilai orang lain sombong dan mengklaim diri sebagai yang tidak sombong, bisa saja tanpa kita sadari kesombongan itupun telah ada di dalam diri kita. Di tempat yang tersembunyi tanpa kita sadari .

Dalam hal kerohanian, seringkali kesombongan itu tumbuh secara tersembunyi, kita tetap merasa baik-baik saja dalam hal ini. Selalu merasa dalam kerendahan hati. Padahal kesombongan itu pelan-pelan telah menggerogoti diri kita, secara jujur hal ini ada tanpa dapat kita deteksi.

Bentuk kesombongan itu adalah ketika kita mulai suka menghakimi dan membanding-bandingkan dengan orang lain.
Ketika kita sedang mengalami pertumbuhan rohani. Ketika kita merasa lebih religius dan lebih beriman daripada orang lain...

No comments:

Post a Comment